Forensik Tekhnologi, Apa Itu?





Forensik teknologi telah menjadi bidang yang luas penyelidikan yang mengacu pada bukti ilmiah yang digunakan dalam kasus pidana. Ini bukti fisik terdiri dari koleksi ilmiah, dan analisis. Ada banyak aspek baru dari jenis teknologi ini diarahkan bukti atau mendirikan fakta yang harus digunakan dalam proses perdata atau pidana.

Salah satu bidang teknis yang memiliki banyak untuk menawarkan perangkat lunak digital. Penjahat dan teroris memiliki kesempatan untuk menggunakan berbagai perangkat elektronik dalam kejahatan mereka. Sebagai kejahatan dengan komponen digital mengalami peningkatan, maka perlu bagi penegak hukum untuk memiliki peralatan untuk melawan kejahatan. Digital software forensik memiliki kapasitas untuk memulihkan data dari komputer yang telah diformat ulang.


Berikut Kriterinaya:

Sebuah program yang mampu menghapus hard drive bersih
Sebuah jenis mata-mata perangkat lunak dapat menemukan partisi yang tersembunyi, ditambah, cepat memproses hard drive besar, dan banyak lagi.
Gambar dapat kompres menjadi "datar" gambar dari disket untuk analisis
Sebuah "partisi manager" yang meneliti semua partisi pada hard drive dan dapat beralih mereka di sekitar atau bahkan menyembunyikan mereka
Sebuah program baru menulis blocker melindungi informasi komputer lebih efektif daripada program masa lalu

Ilmu yang menafsirkan konten gambar adalah analisis citra forensik. Beberapa perusahaan telah menghasilkan peralatan yang efisien yang memotong biaya dan mempercepat penyelidikan. Peralatan ini dirancang untuk melakukan fotografi perbandingan, analisis konten, fotogrametri (menggunakan foto untuk membuat pengukuran) dan otentikasi gambar. Melalui berbagai teknik, data mega, rasio aspek pixil, dan kesalahan yang digunakan untuk mengekstrak informasi dari video, foto, dan animasi. Hal ini efektif bahkan ketika seorang individu telah berusaha untuk jam bukti


Salah satu alat yang lebih baru adalah video forensik, yang terutama pemeriksaan ilmiah dan evaluasi bukti multimedia dalam masalah hukum. Tujuan dari teknologi ini adalah untuk menghasilkan gambaran yang akurat tentang bukti untuk hakim dan juri untuk membantu menentukan vonis dalam kasus perdata atau pidana. Selain itu, teknologi ini menggunakan teknik pengolahan untuk meningkatkan rekaman video, memperbaiki foto-foto buram, dan untuk meningkatkan orang tertentu atau suatu objek dalam rekaman video, ditambah mengkonversi video digital ke format khusus untuk analisis forensik. Ini jenis pekerjaan penting dalam memecahkan kasus untuk penegakan hukum, keamanan, pengawasan dan operasi bahkan militer.

Data recovery adalah proses yang digunakan untuk tujuan hukum untuk mengambil data dari komputer. Adalah jauh lebih sulit untuk menghapus semua informasi dari komputer daripada kebanyakan orang menyadari. Tujuan dari pemulihan data adalah untuk mengambil informasi hilang atau dihapus. Data ditambang dilakukan dengan menggunakan proses pelestarian pengumpulan, analisis, dan kemudian. Dengan berhasil menyelesaikan langkah-langkah yang ahli komputer akan memiliki data yang hilang untuk menyajikan kepada pengadilan. Teknologi ini dapat digunakan dalam proses perdata atau pidana untuk memberikan bukti untuk pengadilan.

Jika forensik menjelaskan bukti-bukti yang dapat digunakan di pengadilan, maka itu juga harus mencakup teknologi dan ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan bukti ini. Penyelidikan forensik dilakukan dengan cara yang halal, membangun fakta dan bukti-bukti yang telah dikaji dengan teliti, mengingat lacak balak, yang akan disajikan dalam ruang sidang. Pembagian yang ada dibawah ini daerah penelitian adalah firewall forensik, forensik database dan forensik perangkat mobile.

Seperti ditunjukkan dalam artikel ini, penyelidikan forensik untuk teknologi adalah tubuh, sangat luas teknis penyelidikan ilmiah menggunakan state-of-the-art peralatan, bersama dengan teknisi yang terlatih. Ini jenis teknologi telah berkembang dan akan terus tumbuh karena berdasarkan permintaan.


sumber
Comments
1 Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

1 komentar: